SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS SIRNAJAYA DINKES KAB.BEKASI

Senin, 17 Mei 2010

Puskesmas Sirnajaya

Puskesmas Sirnajaya merupakan Puskesmas Kecamatan yang terletak di Jl. Raya Serang Cibarusah Desa Sukasari Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi. Puskesmas Sirnajaya baru dibangun tahun 2002.


Luas wilayah kerja Puskesmas Sirnajaya adalah 6500 Ha (65,0 Km2.) Dan terdiri dari 8 desa yaitu desa Sukasari, desa Sukaragam, desa Jayamulya, desa Sirnajaya, desa Nagacipta, deasa Nagasari, desa Jaya Sampurna dan desa Cilangkara. Wilayah kerja desa yang paling luas adalah Desa Jayamulya yaitu 9,36 km2 dan wilayah kerja paling kecil adalah Desa Nagacipta yaitu 6,3 km2. Desa yang mempunyai kepadatan penduduk paling besar adalah desa sukaragam yaitu 2540/km2.

Batas-batas wilayah kerja Puskesmas Sirnajaya adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara : Kecamatan Cikarang selatan
Sebelah Selatan : Kecamatan Cibarusah
Sebelah Barat : Kecamatan Setu
Sebelah Timur : Kecamatan Bojong Mangu

2. Wilayah Administrasi

Secara administratif Puskesmas Sirnajaya termasuk kedalam wilayah Kecamatan Serang Baru , jumlah desa wilayah kerja Puskesmas Sirnajaya adalah 8 desa meliputi 247 RT dan 64 RW. Kedelapan desa tersebut adalah :

a. Desa Jayamulya
b. Desa Sukaragam
c. Desa Sirnajaya
d. Desa Nagacipta
e. Desa Hegar Nagasari
f. Desa Cilangkara
g. Desa Sukasari
h. Desa Jayasampurna

Jarak terjauh ke Puskesmas yaitu 10 km dan jarak terdekat yaitu 1 km dengan waktu tempuh terlama adalah 60 menit dan waktu tempuh tercepat 10 menit dengan demikian dapat dikatakan bahwa seluruh desa di wilayah kerja Puskesmas Sirnajaya relatif terjangkau.

B. Situasi Demografis
Penduduk sebagai sumber daya manusia merupakan potensi daerah yang paling penting. Tentu saja hal ini perlu didukung dengan kwalitas yang memadai baik pendidikan maupun kesehatannya. Secara kuantitatif, jumlah penduduk di wilayah kerja Puskesmas Sirnajaya pada tahun 2009 adalah 87.839 jiwa terdiri dari laki-laki 43.568 jiwa dan perempuan 44.271jiwa , dengan kepadatan penduduk 1.360 jiwa per km2.

Tingkat kepadatan penduduk tidak merata tertinggi yaitu di Desa Sukaragam dengan rata-rata 2.885 jiwa / km2 sedangkan Desa Nagasari merupakan desa terendah tingkat kepadatan penduduknya yaitu 598 jiwa / km2 .

0 komentar:

Posting Komentar